Digital Marketing

APA ITU DIGITAL MARKETING?

 

Secara garis besar, yang dimaksud dengan Digital marketing adalah segala upaya untuk melakukan pemasaran suatu produk dan jasa melalui media Digital, seperti TV, Radio, Electronic Billboard, SMS, Website, SEO, Social Media, dll.

Sedangkan Internet Marketing adalah salah satu bagian dari Digital marketing yang khusus menggunakan media internet untuk mengaksesnya.

Pemasaran dalam internet marketing bukan hanya untuk meningkatkan penjualan, tapi juga termasuk promosi produk dan jasa baru, branding, dan membina hubungan dengan pelanggan.

Apa Manfaat Digital Marketing?

Faktanya, sejak tahun 2014 silam iklan di internet sudah mengalahkan iklan di TV dan jaringan TV kabel. Mungkin saat ini perbandingannya sudah sangat jauh.

Pemasaran digital multi-channel telah meningkat pesat dan meninggalkan jauh periklanan konvensional. Selain itu, brand-brand besar di seluruh dunia sudah sangat jamak menggunakan strategi digital marketing.

Untuk itu, jika Anda masih beranggapan bahwa Digital Marketing belum diperlukan bagi bisnis Anda, maka simak manfaat digital marketing berikut ini :

1. Memudahkan Informasi

Era digital begitu berdampak pada perilaku konsumen, pola pikir konsumen dan pola berbelanja konsumen, yang saat ini selalu mengutamakan informasi yang menarik dan edukatif melalui internet.

Baik B2B maupun B2C, mereka selalu mencari informasi produk, ulasan, referensi, dan promosi mengenai produk atau jasa yang akan mereka pakai melalui internet.

Hal tersebut membuka peluang bagi Anda untuk memberikan informasi yang lengkap dan tanpa batas kepada calon konsumen tanpa harus mengunjungi mereka satu persatu (door to door selling).

2. Representatif 24 Jam

Jejak aktifitas promosi dengan menggunakan digital marketing dapat di akses 24 jam non stop oleh konsumen yang lebih banyak dan lebih bervariasi.

Digital marketing dapat dikatakan sebagai digital representatif yang mampu menggantikan tim sales representatif saat mereka libur maupun istirahat.

3. Melayani Real Time

Dengan pemasaran digital, memungkinkan agar Anda dapat langsung merespon konsumen secara real time. Ini akan memberikan dampak besar bagi penjualan.

Berbagai keuntungan dari layanan konsumen secara real time, yaitu menghasilkan penjualan lebih besar, memberikan kepuasan pada konsumen, dan menjaga kesetiaan para pelanggan.

4. Menjangkau Pengguna Mobile

Faktanya, jumlah pengguna mobile (smartphone) di Indonesia saat ini mengalami pertumbuhan yang sangat besar. Tentunya trafik dari mobile sangat berpotensi menambah keuntungan bagi para pengusaha.

Para pengguna mobil menggunakan smartphone mereka hampir setiap saat. Ini mempengaruhi perilaku mereka dalam berbelanja dan mencari informasi.

5. Menjaga Posisi Persaingan Bisnis

Persaingan bisnis dari berbagai brand akan terlihat ketika mereka saling berlomba menunjukkan eksistensi bisnis mereka di dunia maya dengan campaign digital marketing mereka.

Dan itu sangat mudah kita temukan sekarang ini, dimana para pebisnis memanfaatkan berbagai kanal pemasaran digital untuk promosi, misalnya iklan PPC, Media Sosial, dan lain-lain.

6. Bersaing dengan Perusahaan Besar

Jika dulu bersaing dengan perusahaan besar merupakan tantangan besar karena kepercayaan brand yang sudah kuat, maka dengan bantuan digital marketing hal ini bisa dilakukan.

Dengan strategi digital marketing yang tepat, pebisnis kecil dan menengah tidak hanya bisa mensejajarkan diri dengan perusahaan besar, tapi bisa bersaing head to head dengan budget yang efisien.

Apa Kelebihan digital marketing ? 

Banyaknya pengusaha dan brand besar yang menggunakan digital marketing, bahkan beralih sepenuhnya meninggalkan promosi konvensional dikarenakan oleh kelebihan digital marketing seperti berikut :

1. Penetrasi Internet di Indonesia

Lebih dari 50% penetrasi pengguna internet terhadap bisnis di tanah air. Data tersebut menunjukkan bahwa target konsumen Anda kini berkumpul dalam berbagai wadah di dunia digital. Misalnya seperti website, blog, sosial media, youtube, maupun email.

Penetrasi internet yang begitu tinggi berpengaruh positif dalam menciptakan peluang yang lebih besar karena jangkauan promosi Anda bisa semakin luas.

Dengan kegiatan promosi digital, jarak, waktu, usia, latar belakang, dan lain sebagainya bukanlah sebuah batasan untuk Anda melakukan promosi secara terbuka.

2. Kontrol dan Laporan

Google analytics, dan analytics report dari semua platform digital advertising sungguh revolusi marketing dalam hal memberikan pengukuran yang lebih efektif jika Anda melakukan promosi melalui digital marketing.

Dibandingkan dengan iklan konvensional seperti majalah, radio, atau billboard, Anda tidak akan mendapatkan laporan yang akurat seperti ; siapa saja yang melihat iklan tersebut, siapa saja yang memberikan respon, siapa saja yang membeli, dll.

Selain itu, Anda juga dimungkinkan untuk mengatur sendiri budget digital marketing Anda agar hanya menggunakan sesuai keperluan dan target campaign Anda.

3. Biaya Promosi Lebih Murah

Promosi atau iklan digital jauh lebih murah dibandingkan promosi secara konvensional. Bagaimana tidak, Anda tidak perlu mengeluarkan budget fantastis puluhan juta untuk dapat membuat website yang aktif selama setahun.

Bahkan, Anda dapat memulai menggunakan digital advertising mulai dari ratusan ribu rupiah saja per tayang iklan, dan Anda hanya harus membayar jika ada yang tertarik dan meng-klik iklan Anda tersebut. Hemat, bukan?!

4. Target Market Jelas

Kelebihan yang paling penting dari pemasaran digital adalah target market yang jelas dan spesifik. Anda dapat menawarkan produk kepada komunitas tertentu melalui forum atau fan page di media sosial.

Sesuaikan taget market Anda dengan gender, usia, pekerjaan, lokasi, kegemaran, pendapatan, dan masih banyak lagi pilihan segmentnya.

5. Lebih Cepat Viral

Kelebihan digital marketing terutama dalam penggunaan strategi Sosial Media Marketing adalah memudahkan informasi atau iklan Anda lebih cepat Viral.

Karena digital marketing adalah media yang mudah di share (dibagikan) dan Gratis, maka campaign yang Anda buat akan lebih mudah menyebar luas.

Jenis-jenis digital marketing ? 

Strategi Digital Marketing memiliki beragam jenis dan tipe yang bisa disesuaikan dengan bisnis Anda seperti berikut ini :

1. Website Marketing

Saat ini, website merupakan persyaratan utama untuk menang dalam persaingan digital. Data menunjukkan bahwa 97% konsumen mencari produk maupun jasa yang akan digunakan melalui internet.

70% dari mereka mencari perbandingan harga maupun fitur yang ditawarkan dengan produk maupun jasa sejenis. Bahkan 88% nya memiliki keputusan untuk membeli setelah membaca review produk maupun service nya terlebih dahulu.

Dapat pula dikatakan website adalah “toko digital” bagi bisnis Anda yang bahkan dapat menggantikan keberadaan toko fisik maupun tenaga penjualan konvensional.

Adapun peran utama website dalam mengembangkan perusahaan Anda adalah :

  • Menunjukkan profesionalisme perusahaan Anda
  • Membantu customer memahami produk atau jasa Anda
  • Sebagai “Sales Representative” 24 jam
  • Media penjualan produk atau jasa Anda secara lebih mudah
  • Media promosi yang lebih hemat biaya dan lebih efektif

2. Search Engine Marketing / SEO

Yang dimaksud dengan Search Enggine Marketing adalah upaya untuk membuat website perusahaan Anda mudah ditemukan dalam mesin pencari sejenis google. Untuk dapat berada di halaman pertama mesin pencari sekelas google, dibutuhkan waktu yang lama dan teknik khusus untuk menerapkannya.

Search Engine Marketing pun memiliki dua kategori yaitu kategori organik dan non-organik. Kategori organik biasa disebut sebagai Search Engine Optimization (SEO) yang relatif lebih murah bahkan dapat dilakukan sendiri dengan gratis, namun SEO membutuhkan waktu yang lebih lama karena peruntukannya sebagai investasi jangka panjang.

Sedangkan Search Engine Marketing (SEM) yang berbayar akan jauh lebih cepat untuk membuat website kita berada di posisi teratas google

3. Email Marketing

Saat Anda sudah membangun daftar subscriber dari website, maka email marketing merupakan langkah promosi tahap selanjutnya untuk menjaga calon pelanggan tersebut dan membuat mereka tertarik untuk membeli produk maupun jasa Anda.

Dengan Email marketing, Anda dapat memberikan informasi yang update seputar program promosi yang sedang berlangsung, maupun memperkenalkan produk atau jasa Anda yang baru. Email marketing juga membuat pelanggan Anda tidak ketinggalan akan informasi dari perusahaan Anda seperti kegiatan maupun berita terbaru.

4. Social Media Marketing / SMM

Pengguna sosial media yang terus meningkat untuk berbagai keperluan seperti sarana komunikasi, berkumpulnya komunitas bahkan sebagai media mencari informasi, kini juga semakin dioptimalkan pengusaha sebagai sarana promosi bisnis mereka.

Beredarnya berbagai platform sosial media seperti Facebook, Instagram, Linkedin, Twitter, Youtube dan lain sebagainya, membuat penyebaran informasi menjadi lebih cepat dan menjangkau lebih banyak orang. Selain itu, sosial media marketing juga digemari karena dapat dilakukan dengan biaya minim bahkan gratis.

Selain dapat meningkatkan brand perusahaan, sosial media juga dimanfaatkan sebagai sarana komunikasi dan interaksi antara perusahaan dengan konsumen.

5. Online Advertising

Sedangkan yang dimaksud dengan online advertising adalah media promosi atau periklanan melalui internet dengan cara berbayar.

Online advertising sendiri memiliki beberapa pilihan yang beragam sesuai kebutuhan Anda, seperti Display Advertising, Social Media Advertising, PPC, Youtube Advertising, dan masih banyak lagi.

Walau tingkat keberhasilan penjualan dengan cara online advertising ini lebih memuaskan karena Anda dapat mengatur target konsumen yang melihat iklan tersebut.

Pilihan untuk melakukan online advertising terbilang jauh lebih mahal walau masih cenderung terjangkau bila dibandingkan dengan media promosi luar ruangan (Out of Home Media) seperti billboard, Signage, Booth, dan media iklan televisi.

6. Video Marketing

Cara yang lebih efektif dalam menyampaikan informasi mengenai produk dan jasa perusahaan Anda adalah dengan menggunakan video marketing. Video marketing menjadi media promosi paling ampuh karena dapat memuat lebih banyak informasi namun dengan cara yang menarik dan mudah diingat.

Video marketing yang dapat dibuat dengan format real hingga animasi 2D dan 3D, bermanfaat dalam berbagai hal diantaranya :

  • Sebagai Video Company Profile yang menjelaskan mengenai bisnis Anda
  • Menjelaskan cara kerja produk dan pengaplikasiannya
  • Menampilkan testimonial pelanggan dan review mereka terhadap bisnis Anda
  • Sebagai media kreatif untuk mempromosikan produk dan jasa Anda

dapatkan konsultasi
gratis sekarang juga!

Jika Anda tidak memulai dari sekarang, maka bisnis Anda akan jauh tertinggal dari kompetitor, dan akan semakin sulit untuk membangun brand ditengah ramainya iklan dan branding dari bisnis yang lain.