SEO / SEARCH ENGINE OPTIMIZATION

APA ITU SEO / Search Engine Optimization

 

Pengertian SEO berasal dari singkatan katanya, yaitu Search Engine Optimization (optimasi dalam mesin pencarian) artinya adalah proses optimasi website dan konten Anda agar muncul dalam mesin pencarian seperti Google

SEO dimaksudkan agar website Anda berada dihalaman pertama hasil pencarian. Dengan begitu akan berpeluang untuk mendapatkan lebih banyak visitor potensial terus menerus secara gratis

Jika tujuan akhir Anda adalah mempopulerkan situs atau membuat produk/layanan jasa semakin dikenal, strategi ini wajib diketahui.

Cara Kerja SEO / Search Engine Optimization

Jika Anda penasaran bagaimana cara kerja SEO, begini gambarannya. Mesin pencari seperti Google akan memindai website, mencari desain dan elemen konten untuk membantu mereka menentukan apa sebenarnya topik utama dari website Anda.

Misal, Google menemukan bahwa website bisnis Anda adalah tentang Konsultan Digital Marketing. Contohnya jika ada orang yang mengetik “Jasa Digital Marketing” maka website ini akan muncul sebagai salah satu hasil pencariannya.

Nah, kata “Jasa Digital Marketing” tersebut adalah keyword (kata kunci) yang menjadi target SEO. Dengan keyword yang tepat sesuai produk atau jasa yang Anda tawarkan, orang akan lebih mudah menemukan website bisnis Anda.

Di era serba digital seperti sekarang ini, 85% calon konsumen selalu “bertanya” kepada google sebelum membeli produk atau menggunakan service/jasa tertentu.

Manfaat SEO / Search Engine Optimization

Secara umum, strategi SEO akan membuat situs Anda terdaftar pada halaman awal di hasil pencarian Google. Orang yang sedang mencari sesuatu lewat Google umumnya hanya tertarik pada hasil pencarian yang berada di halaman awal.

Bahkan, menurut RankExecutives.com, sekitar 60 persen klik terjadi di halaman awal hasil pencarian Google.

Ketika menerapkan strategi SEO, Anda mengincar konversi (convertion). Ini adalah istilah untuk perubahan positif yang dilakukan pengunjung situs setelah Anda menerapkan strategi SEO.

Jika Anda menerapkan strategi SEO secara benar, inilah manfaat SEO yang bisa Anda peroleh:

1. Mendatangkan Trafik Potensial

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa halaman website yang teroptimasi dengan baik dari sisi SEO akan mendapatkan peringkat yang baik juga di mesin pencari seperti Google.

Semakin baik posisi halaman website Anda di Google maka peluang untuk mendapatkan pengunjung (trafik) potensial akan semakin besar. Pengunjung potensial inilah yang nantinya akan menjadi calon customer bisnis Anda.

2. Hemat Biaya Promosi

Penerapan SEO dapat dilakukan dalam jangka waktu 6 bulan hingga satu tahun tanpa perlu perpanjangan, sehingga menghemat biaya promosi Anda

3. Investasi Jangka Panjang

Website yang sudah dioptimasi dengan metode SEO akan berada di halaman pertama google untuk waktu yang cukup lama tanpa biaya iklan tambahan

4. Meningkatkan Brand Awareness Bisnis Anda

Brand Awareness adalah kemampuan calon pembeli atau konsumen untuk mengenali maupun mengingat sebuah merek. Semakin terkenal sebuah merek pada niche tertentu maka kemungkinan intensitas penjualan juga akan semakin besar.

Ketika pengguna internet mencari informasi yang berhubungan niche Anda melalui Google dan menemukan informasi bermanfaat di website Anda maka kemungkinan besar mereka akan mengingat halaman website yang memberikan informasi berharga tersebut, yaitu website Anda.

Semakin banyak orang yang membuka website Anda dari mesin pencari maka merek bisnis Anda juga secara otomatis akan semakin terkenal, setidaknya dikalangan para pengguna internet.

Jenis SEO / SEARCH ENGINE OPTIMIZATION

Setelah mengerti tentang manfaat dan cara kerja SEO, kini saatnya mengetahui bagaimana hal tersebut dilakukan. Secara umum, ada dua jenis SEO : optimasi halaman situs (on-page SEO) dan optimasi di luar situs (off-page SEO).

1. SEO On Page

Pengertian SEO On Page adalah sebuah upaya optimasi website yang dilakukan dari sisi website itu sendiri. Dengan kata lain, upaya optimasi yang dilakukan oleh seorang pemilik website/ webmaster dengan mendesain website yang SEO Friendly.

Beberapa elemen penting yang terdapat dalam SEO On Page antara lain:

 

  • Riset Keywords Dengan Google Keyword Planner” untuk menemukan kata kunci utama dan kata kunci pendukung yang paling relevan dengan niche website yang akan dibuat.
  • Membangun website dengan struktur yang baik, tampilannya menarik, dan load-nya cepat
  • Menggunakan Title Tag yang baik untuk homepage dan judul konten
  • Menambahkan description yang relevan dengan website
  • Membangun konten yang bermanfaat bagi audiens
  • Mengatur URL (permalinks) yang SEO Friendly
  • Menggunakan Heading dengan baik (H1, H2, H3, H4)
  • Mengatur navigasi website sebaik mungkin
  • Membangun internal links
  • Menambahkan keywords pada gambar, dll

2. SEO Off Page

Pengertian SEO Off Page adalah upaya optimasi website yang dilakukan dari luar website yang dibangun. Sebuah halaman website yang SEO On Page nya sudah bagus perlu didukung dengan optimasi dari luar website itu sendiri.

Optimasi off page dilakukan dengan cara membangun links (backlinks) dari situs lain menuju website yang dioptimasi. Beberapa jenis links yang biasa dibangun untuk meningkatkan popularitas sebuah website di internet antara lain:

  • Links dari media sosial (Twitter, Facebook, Google+, Youtube, dan lain-lain)
  • Links dari web 2.0 properties (Blogspot, WordPress, Weebly, dan lain-lain)
  • Links dari forum online (Kaskus, Bersosial, Forum Detik, Forum Kompas, dan lain-lain)
  • Links dari situs social bookmark (Lintas.me, Diigo.com, Folkd.com, dan lain-lain)
  • Links dari kegiatan blogwalking (berkomentar di blog orang lain)
  • Links dari website yang menerima guest blogger, dll

dapatkan konsultasi
gratis sekarang juga!

Jika Anda tidak memulai dari sekarang, maka bisnis Anda akan jauh tertinggal dari kompetitor, dan akan semakin sulit untuk membangun brand ditengah ramainya iklan dan branding dari bisnis yang lain.