TalkingDesi – Membuat calon client tertarik adalah hal terpenting, untuk itu simak 5 cara membuat presentasi sales yang powerful berikut ini

  1. Desain Menarik
  2. Fitur dan Keunggulan
  3. Buat Urgency
  4. Penawaran Menarik
  5. To The Point

 

1. Desain Menarik

Ingatkah Anda pada konsep “first impression” atau kesan pertama sebagai penentu penilaian seseorang terhadap suatu hal baru?

Hal itu juga berlaku ketika kita membawakan presentasi bisnis kepada calon konsumen. Untuk membuat mereka mau melihat slide show presentasi Anda, perlu didukung oleh design yang menarik.

Design yang baik tidak harus menggunakan animasi rumit maupun skill design grafis yang tinggi. Cukup gunakan typography yang sesuai dan foto yang mendukung teks nya, serta sisipkan video yang terkait, dapat meningkatkan visibilitas presentasi Anda.

 

2. Fitur dan Keunggulan

Saat Anda membuat slide show presentasi bisnis, memang diperlukan deskripsi yang detail akan produk atau jasa yang ditawarkan. Namun, hal yang lebih penting dan sangat diperlukan oleh calon konsumen adalah mengenai fitur dan keunggulan yang Anda tawarkan.

Karena produk maupun jasa serupa pasti sudah ada dipasaran, calon konsumen lebih membutuhkan jawaban akan pertanyaan “mengapa harus memilih Anda?”.

Fitur dan keunggulan produk dan jasa juga dapat lebih menarik jika dapat disajikan dengan perbandingan terhadap produk dan jasa yang dimiliki oleh kompetitor. Hal tersebut akan memperlihatkan dengan jelas USP (Unique Selling Position) Anda dimata calon konsumen. Serta memperkuat alasan mereka untuk memilih Anda dibanding kompetitor.

3. Buat Urgency

Ingat, presentasi sales mungkin adalah kesempatan satu-satunya untuk memperkenalkan bisnis Anda agar calon konsumen mau memakai produk atau jasa yang ditawarkan.

Oleh karena itu, dalam sesi presentasi tersebut Anda harus membuat calon konsumen mengambil keputusan saat itu juga untuk closing deal.

Untuk membuat “Urgency” dalam presentasi, Anda harus menyampaikan apa akibatnya jika calon konsumen tidak menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan. Dan mengapa mereka harus membelinya saat ini juga, apa keuntungannya, dan apa kerugiannya jika mereka menunda pembelian.

 

4. Penawaran Menarik

Jika Anda telah melakukan poin nomor 1 hingga 3 diatas, kini saatnya memberikan penawaran menarik kepada calon konumen untuk menambah value. Penawaran menarik tersebut dapat berupa potongan harga (diskon), bundling paket hemat, bonus, maupun kemudahan termin pembayaran.

 

5. To The Point

Secara keseluruhan, slide show presentasi yang powerfull selain memiliki design yang menarik, juga harus to the point. Informasi yang disampaikan tidak terlalu panjang dan rumit sehingga sulit untuk dimengerti dan membuat calon konsumen bosan.

Hindari juga untuk menawarkan hal lain yang tidak berkaitan dengan bisnis Anda. Tetap fokus kepada tujuan Anda untuk membuat calon konsumen memakai produk atau jasa yang ditawarkan. Jauhi perbincangan yang terlalu basa basi sehingga mengurangi profesional dan kedibilitas Anda.

 

Konsultan Digital Marketing Indonesia

 

Talkingdesi.com adalah konsultan digital marketing Indonesia yang dapat membantu Anda membuat Strategi Marketing, Analisa Marketing, Creative Design, Video Marketing dan tentunya Digital Marketing.

TalkingDesi bekerjasama dengan INBA (International New Business Advisory) di Australia untuk membantu Anda melakukan pengembangan bisnis secara global.


Tags : Konsultan, consultant, digital, marketing, branding, strategi, seo, website, social media, bisnis, business, entrepreneur, sosial media, strategy, Indonesia, Jakarta, Australia, design, creative