Marketing menggunakan media digital/internet bukan hanya untuk branding tapi juga dapat meningkatkan penjualan, promosi, dan membina hubungan dengan pelanggan. Berikut adalah jenis strategi digital marketing yang dapat Anda lakukan.

 

1. Website

 

Saat ini, website merupakan persyaratan utama untuk menang dalam persaingan digital. Data menunjukkan bahwa 97% konsumen mencari produk maupun jasa yang akan digunakan melalui internet. 70% dari mereka mencari perbandingan harga maupun fitur yang ditawarkan dengan produk maupun jasa sejenis.

Bahkan 88% nya memiliki keputusan untuk membeli setelah membaca review produk maupun service nya terlebih dahulu. Adapun peran utama website dalam mengembangkan perusahaan Anda adalah :

  1. Menunjukkan profesionalisme perusahaan Anda
  2. Membantu customer memahami produk atau jasa Anda
  3. Sebagai “Sales Representative” 24 jam
  4. Media penjualan produk atau jasa Anda secara lebih mudah
  5. Media promosi yang lebih hemat biaya dan lebih efektif

2. Search Engine Marketing

 

Contoh SEO SEM Yang dimaksud dengan Search Enggine Marketing adalah upaya untuk membuat website perusahaan Anda mudah ditemukan dalam mesin pencari sejenis google. Untuk dapat berada di halaman pertama mesin pencari sekelas google, dibutuhkan waktu yang lama dan teknik khusus untuk menerapkannya.

Search Engine Marketing pun memiliki dua kategori yaitu kategori organik dan non-organik. Kategori organik biasa disebut sebagai Search Engine Optimization (SEO) yang relatif lebih murah bahkan dapat dilakukan sendiri dengan gratis, namun membutuhkan waktu yang lebih lama karena peruntukannya sebagai investasi jangka panjang.

Sedangkan Search Engine Marketing (SEM) yang berbayar akan jauh lebih cepat untuk membuat website kita berada di posisi teratas google. Berikut adalah contoh dan perbedaan dari SEO dan SEM dalam mesin pencari google.

 

3. Online Advertising

 

Sedangkan yang dimaksud dengan online advertising adalah media promosi atau periklanan melalui internet dengan cara berbayar. Online advertising sendiri memiliki beberapa pilihan yang beragam sesuai kebutuhan Anda, seperti Display Advertising, Social Media Advertising, PPC, Youtube Advertising, dan masih banyak lagi.

Walau tingkat keberhasilan penjualan dengan cara online advertising ini lebih memuaskan karena Anda dapat mengatur target konsumen yang melihat iklan tersebut, pilihan untuk melakukan online advertising terbilang jauh lebih mahal walau masih cenderung terjangkau bila dibandingkan dengan media promosi luar ruangan (Out of Home Media) seperti billboard, Signage, Booth, dan media iklan televisi.

 

4. Video Marketing

 

Cara yang lebih efektif dalam menyampaikan informasi mengenai produk dan jasa perusahaan Anda adalah dengan menggunakan video marketing.

Video marketing menjadi media promosi paling ampuh karena dapat memuat lebih banyak informasi namun dengan cara yang menarik dan mudah diingat. Video marketing yang dapat dibuat dengan format real hingga animasi 2D dan 3D, bermanfaat dalam berbagai hal diantaranya :

  1. Sebagai Video Company Profile yang menjelaskan mengenai bisnis Anda
  2. Menjelaskan cara kerja produk dan pengaplikasiannya
  3. Menampilkan testimonial pelanggan dan review mereka terhadap bisnis Anda
  4. Sebagai media kreatif untuk mempromosikan produk dan jasa Anda

 

5. Email Marketing

 

Saat Anda sudah membangun daftar subscriber dari website, maka email marketing merupakan langkah promosi tahap selanjutnya untuk menjaga calon pelanggan tersebut dan membuat mereka tertarik untuk membeli produk maupun jasa Anda.

Dengan Email marketing, Anda dapat memberikan informasi yang update seputar program promosi yang sedang berlangsung, maupun memperkenalkan produk atau jasa Anda yang baru. Email marketing juga membuat pelanggan Anda tidak ketinggalan akan informasi dari perusahaan Anda seperti kegiatan maupun berita terbaru.

 

6. Social Media Marketing

 

Pengguna sosial media yang terus meningkat untuk berbagai keperluan seperti sarana komunikasi, berkumpulnya komunitas bahkan sebagai media mencari informasi, kini juga semakin dioptimalkan pengusaha sebagai sarana promosi bisnis mereka.

Beredarnya berbagai platform sosial media seperti Facebook, Instagram, Linkedin, Twitter, Youtube dan lain sebagainya, membuat penyebaran informasi menjadi lebih cepat dan menjangkau lebih banyak orang.

Selain itu, sosial media marketing juga digemari karena dapat dilakukan dengan biaya minim bahkan gratis. Selain dapat meningkatkan brand perusahaan, sosial media juga dimanfaatkan sebagai sarana komunikasi dan interaksi antara perusahaan dengan konsumen.

 

Konsultan Digital Marketing

 

Untuk itu, jika Anda mencari jasa digital marketing yang terlengkap, Anda dapat menggunakan jasa Talkingdesi.com.

Talkingdesi.com adalah konsultan digital marketing indonesia yang dapat membantu Anda membuat Strategi Marketing, Analisa Marketing, Creative Design, Video Marketing dan tentunya Digital Marketing.

TalkingDesi bekerjasama dengan INBA (International New Business Advisory) di Australia untuk membantu Anda melakukan pengembangan bisnis secara global.


Tags : Konsultan, consultant, digital, marketing, branding, strategi, seo, website, social media, bisnis, business, entrepreneur, sosial media, strategy, Indonesia, Jakarta, Australia, design, creative