TalkingDesi – Tenaga penjual tidak akan maksimal jika tidak diperlengkapi oleh marketing tools yang efektif. Lalu, apa saja marketing tools yang harus Anda buat agar dapat meningkatkan penjualan?

 

  1. Product & Company Profile

Saat tim sales Anda berkunjung ke calon pelanggan, kartu nama dan company profile dalam bentuk cetak adalah marketing tools wajib yang harus diberikan kepada calon pelanggan.

Company profile memuat beragam informasi penting untuk membantu promosi, salah satunya yaitu mengenai cakupan service yang mampu kita kerjakan maupun daftar produk yang bisa kita sediakan.

Jika Produk yang Anda jual jenisnya beragam dan cukup banyak, sebaiknya juga dibuatkan katalog produk yang memuat lebih informasi produk dengan lebih lengkap.

Dengan company profile maupun katalog cetak, calon pelanggan akan dimudahkan untuk mengenal perusahaan Anda dan mudah dalam mengingatnya kembali suatu saat dibutuhkan.

 

  1. Website

Berbeda dengan marketing tools cetak yang harus dibawa dan diberikan tim sales kepada calon pelanggan secara langsung.

Website selain sebagai media digital, juga sebagai pengganti tenaga sales Anda karena dapat mempromosikan bisnis Anda secara 24 jam non stop.

Selain lebih efektif, website juga merupakan marketing tools yang hemat karena tidak dapat digunakan kapanpun dan sebanyak apapun.

Kesan profesional akan langsung muncul jika bisnis Anda memiliki website, karena website juga menambah kredibilitas bisnis Anda sehingga menambah kepercayaan calon pelanggan.

 

  1. Video Marketing

Dengan menggabungkan konten visual, audio, dan textual, tak heran jika video marketing kini menjadi marketing tools yang populer karena sangat powerful.

Video marketing dapat digunakan untuk menggantikan slide show presentasi karena jauh lebih menarik dan mudah untuk dipahami dan diingat.

Video marketing mendapat perhatian jauh lebih besar dibanding jenis konten marketing lainnya. Oleh karenanya, video marketing lebih mampu untuk menciptakan engagement dengan pelanggan dan mempengaruhi keputusan untuk membeli (buying decision)

 

  1. Merchandise

Siapa yang tidak senang bila diberi hadiah atau kenang-kenangan. Membuat merchandise sebagai salah satu marketing tools juga merupakan strategi yang menarik.

Bahkan, merchandise juga lebih berdampak langsung kepada peningkatan brand awareness oleh calon pelanggan.

Merchandise yang menarik dan bermanfaat bagi si penerima, akan selalu dibawa dan dipakai dengan sukarela. Akibatnya, si penerima merchandise secara tidak sadar telah membantu dalam mempromosikan produk Anda.

 

Nah, setelah Anda tahu apa manfaat marketing tools bagi bisnis Anda, tentukanlah mana marketing tools yang sesuai untuk level marketing Anda saat ini.

Efektifitas marketing tools dalam membantu meningkatkan penjualan memang harus disesuaikan dengan kondisi bisnis dan calon pelanggan Anda.

Anda dapat juga menggabungkan beberapa maupun kesemua jenis marketing tools tersebut diatas untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

 

Konsultan Digital Marketing Indonesia

 

Talkingdesi.com adalah konsultan digital marketing Indonesia yang dapat membantu Anda membuat Strategi Marketing, Analisa Marketing, Creative Design, Video Marketing dan tentunya Digital Marketing.

TalkingDesi bekerjasama dengan INBA (International New Business Advisory) di Australia untuk membantu Anda melakukan pengembangan bisnis secara global.


Tags : Konsultan, consultant, digital, marketing, branding, strategi, seo, website, social media, bisnis, business, entrepreneur, sosial media, strategy, Indonesia, Jakarta, Australia, design, creative