Mendengar kata ‘Konsultan Marketing’ terkadang menimbulkan paradigma MAHAL dan BELUM PERLU. Namun, sebagai pebisnis ternyata Anda akan sangat terbantukan jika menggunakan jasa konsultan marketing.

Banyak pebisnis, khususnya solo entrepreneur yang menjalankan bisnis mereka seorang diri (one-man show), selalu ingin melakukan semuanya sendiri atau dengan istilah lainnya adalah in-house.

Sehingga, Anda justru harus mempekerjakan banyak karyawan untuk dapat mengerjakan seluruh bidang pekerjaan yang diperlukan untuk menjalankan sebuah bisnis.

Berikut adalah 4 alasan mengapa Anda membutuhkan konsultan marketing :

 

 1. Marketing Sangat Rumit

 

Proses marketing dalam sebuah bisnis memang tidak mudah serta tidak selalu sama. Rumit dan panjangnya proses marketing didalam sebuah bisnis membutuhkan ilmu dan keterampilan yang khusus untuk dapat melakukannya.

Mulai dari pembuatan strategi marketing, marketing plan, hingga meng-implementasikan kegiatan marketingnya, semua membutuhkan pengetahuan dan pengalaman yang cukup kompleks.

Mulai dari kemampuan untuk menganalisa, kemampuan seni dan desain, kemampuan digital marketing, event organizer, dan juga kemampuan menjual atau selling.

Bayangkan jika Anda harus melakukan rekrutmen untuk karyawan internal, berapa banyak staff yang dibutuhkan? Berapa biaya gajinya?

Dan yang terpenting, Anda juga harus mengerti keseluruhan proses marketing agar karyawan tersebut dapat bekerja dengan efektif.

 

2. Bisnis Sedang ‘Down’

 

Saat bisnis sedang turun atau dalam kondisi yang tidak menguntungkan, pasti sebagai pebisnis Anda harus segera mengambil tindakan untuk mengetahui apa kendalanya dan apa strategi yang harus dilakukan untuk membalikkan keadaan.

Terlebih jika kesulitan yang dihadapi berkaitan dengan sales dan marketing yang menjadi ujung tombak perusahaan.

Anda harus menganalisa apakah produk atau service Anda dapat diterima masyarakat? Bagaimana dengan harganya, apakah tidak realistis?

Lalu, bagaimana cara agar masyarakat dapat mengakses dan mendapatkan produk Anda dengan mudah dan cepat? Kemudian, pikirkan juga bagaimana caranya Anda mendapatkan calon konsumen baru serta melakukan repeat order maupun customer retention.

Jika banyak dari pertanyaan tersebut yang sulit atau tidak dapat dipecahkan, saatnya Anda mendapat bantuan dari konsultan marketing yang dapat melakukan berbagai analisa marketing dan kemudian memberikan ide baru untuk strategi promosi yang lebih efektif.

Menggunakan konsultan marketing disaat binis sedang sulit, dapat membantu mengurangi waktu untuk trial-eror strategy dan kegiatan marketing oleh karyawan in-house.

 

3. Terganggu Politik Internal

 

Dalam bisnis pasti terjadi office politics, atau kepentingan pihak-pihak pribadi yang tidak objektif.

Masuknya ‘orang luar’ sebagai konsultan marketing dapat membantu Anda dalam menilai dan memberikan pandangan yang objektif atas kebijakan-kebijakan marketing yang harus dilakukan.

Konsultan marketing tidak memiliki kepentingan apapun dalam bisnis Anda selain target agar bisnis Anda dapat berkembang lebih baik ditangannya.

Konsultan marketing akan memberikan strategi marketing yang sesuai dengan bisnis Anda, budget dan juga waktu yang tepat.

Bagi seorang konsultan marketing, kesuksesan bisnis Anda adalah sebuah portfolio kesuksesan mereka sebagai seorang konsultan.

 

4. Mempercepat Business Growth

 

Pertumbuhan bisnis akan cepat terjadi jika Anda memiliki revenue yang stabil, sehingga mudah bagi Anda untuk fokus dalam mencari konsumen baru dan melakukan up-selling kepada konsumen lama.

Namun, banyak pula pebisnis yang bahkan belum memiliki konsumen tetap dan konsumen loyal, sehingga masih disibukkan dengan upaya branding.

Kegiatan branding dan promosi sendiri dapat menghabiskan banyak waktu, tenaga dan biaya.

Dengan bantuan dari konsultan marketing, kegiatan branding dan promosi dapat diambil alih sehingga memudahkan tim penjualan untuk melakukan repeat order dan mendapat konsumen baru dengan lebih cepat.

 

Konsultan Digital Marketing

 

Talkingdesi.com adalah konsultan marketing yang dapat membantu Anda membuat Strategi Marketing, Analisa Marketing, Creative Design, Video Marketing dan tentunya Digital Marketing.

TalkingDesi bekerjasama dengan INBA (International New Business Advisory) di Australia untuk membantu Anda melakukan pengembangan bisnis secara global.