TalkingDesi – Melakukan strategi digital marketing memang tidak sepenuhnya mudah. Untuk itu simak 5 Persiapan Penting Sebelum Melakukan Digital Marketing berikut ini.

 

  1. Riset Pasar

Meluangkan waktu diawal sebelum melakukan kegiatan digital marketing akan jauh lebih baik daripada menyesal dikemudian hari.

Jenis riset yang dibutuhkan adalah mengenai target konsumen Anda. Siapa saja konsumen Anda, usianya, wilayahnya, pekerjaannya, maupun kebiasaan mereka sebelum melakukan pembelian.

Dengan data yang lengkap, memudahkan Anda untuk melakukan promosi digital dengan tepat sasaran dan dapat benar-benar mendatangkan omzet penjualan.

 

  1. Platform Tepat

Ada banyak sekali jenis platform digital marketing yang dapat digunakan untuk promosi dan penjualan secara digital.

Contohnya seperti ; Website, Social Media, Youtube, SEO, Digital Advertising, dan masih banyak lagi.

Namun penting sekali memilih platform yang sesuai dengan bisnis dan juga calon pelanggan Anda.

Menggunakan platform digital marketing yang salah, dapat mengakibatkan pemborosan budget dan membuat Anda menyerah karena menganggap terlalu banyak pekerjaan namun sedikit hasilnya.

 

  1. Konten Menarik

Apapun platform yang Anda pilih, konten adalah modal utama untuk menarik minat calon pembeli.

Konten marketing dapat memuat informasi mengenai produk dan service Anda maupun promosi dan awareness.

Konten marketing dapat berupa artikel, video, infographic, banner, dan lainnya.

Untuk itu, buat perencanaan konten (content plan) berkala setiap bulannya, agar website dan sosial media Anda selalu up to date.

 

  1. Perencanaan Anggaran

Banyak pengusaha yang akhirnya menyerah menggunakan digital marketing dikarenakan alasan over budget.

Untuk itu tetapkan anggaran atau budget digital marketing Anda terlebih dahulu sebelum memulai kampanye.

Coba budget yang paling kecil terlebih dahulu agar dapat belajar dari hasil yang didapatkan, kemudian barulah Anda dapat menambah budget secara bertahap.

 

  1. Sumber Daya Manusia

Ada dua cara untuk melakukan digital marketing, yaitu dengan membuat tim inhouse (rekrut staff) atau menggunakan jasa digital marketing dari agency.

Jika Anda ingin merekrut tim digital marketing, siapkan budget bulanan untuk gaji, pajak, serta BPJS. Siapkan juga Job Desk, KPI, dan perencanaan pekerjaan.

Namun jika Anda tidak ingin repot dan tidak terlalu paham akan teknis melakukan digital marketing, sebaiknya gunakan konsultan digital marketing yang profesional.

Anda hanya perlu membayar tiap ada projek yang harus dilakukan, tanpa harus me-manage SDM dan melakukan training.

Konsultan digital marketing akan menerapkan strategi digital marketing yang benar dan efektif serta memberikan report dan hasil yang jelas.

 

Konsultan Digital Marketing Indonesia

 

Talkingdesi.com adalah konsultan digital marketing Indonesia yang dapat membantu Anda membuat Strategi Marketing, Analisa Marketing, Creative Design, Video Marketing dan tentunya Digital Marketing.

TalkingDesi bekerjasama dengan INBA (International New Business Advisory) di Australia untuk membantu Anda melakukan pengembangan bisnis secara global.


Tags : Konsultan, consultant, digital, marketing, branding, strategi, seo, website, social media, bisnis, business, entrepreneur, sosial media, strategy, Indonesia, Jakarta, Australia, design, creative, Agency, Jasa, Website, Omzet