SOSIAL MEDIA Marketing

APA ITU SOSIAL MEDIA MARKETING?

 

Sosial media marketing adalah kegiatan marketing yang menggunakan sosial media sebagai platform untuk mempromosikan sebuah produk atau layanan.

Konsep sosial media marketing sendiri adalah sebuah kegiatan dimana sebuah brand berkomunikasi dan engage dengan banyak orang untuk mencapai tujuan tertentu.

Mengapa Sosial Media Marketing?

Di era yang serba digital ini, Sosial media marketing menjadi salah satu strategi digital marketing paling  efektif. Kenapa? Karena Sosial media marketing adalah two-way process atau komunikasi dua arah.

Proses marketing tradisional lebih bersifat komunikasi satu arah, dimana Anda sebagai pebisnis menggunakan pesan-pesan marketing agar orang-orang mau menggunakan produk atau jasa bisnis Anda

Tetapi dengan adanya sosial media, Anda bisa mendengarkan apa yang sebenarnya customer inginkan. Menyertakan customer dalam proses pengembangan produk atau jasa bisa membuat bisnis Anda lebih baik.

Selain itu, sosial media marketing juga bisa mempererat hubungan Anda dengan para customer. Kalau mereka dekat dengan bisnis Anda, mereka pasti akan percaya dan membeli dari bisnis Anda.

Sosial media sendiri juga sudah menyadari hal ini. Oleh karena itu, mereka memberikan berbagai fitur untuk para pebisnis agar dapat dengan mudah mempromosikan produk atau layanan yang mereka tawarkan di sosial media.

Manfaat Sosial Media Marketing 

Saat ini, sosial media sudah menjadi bagian penting dalam strategi marketing banyak perusahaan. Ini dibuktikan dengan data dari Social Media Examiner yang menunjukkan bahwa 97% marketer menggunakan sosial media sebagai bagian dari strategi marketing mereka.

Sayangnya, tidak semua perusahaan mengerti keunggulan dari sosial media marketing. Kalau Anda masih bingung apa saja keunggulan sosial media marketing, berikut ini adalah beberapa alasan kenapa sosial media marketing itu penting untuk bisnis Anda.

1. Meningkatkan Brand Awareness

Mendapatkan brand awareness dan brand recognition harus menjadi salah satu tujuan marketing sebuah perusahaan. Anda pasti lebih memilih belanja atau menggunakan jasa dari brand yang sudah terkenal, bukan?

Untungnya, dengan sosial media, Anda bisa lebih mudah memperkenalkan brand bisnis. Sosial media dapat membuat brand Anda dikenal dengan lebih cepat dibanding jika Anda menggunakan strategi marketing tradisional.

2. Mempererat Hubungan Dengan Customer

Sosial media juga bisa membangun dan mempererat hubungan dengan customer. Dengan gaya yang lebih santai, sosial media dapat Anda manfaatkan untuk membangun hubungan dekat dengan customer dan calon customer.

Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan di sosial media untuk membangun, mempererat, dan menjaga hubungan antara brand Anda dengan customer.

  • Sebagai Sosial Listening

Dengan sosial media, Anda bisa melakukan yang namanya social listening. Apa itu? Social listening adalah kegiatan dimana sebuah bisnis memonitor percakapan social media tentang suatu topik.

Nah, jadi dengan sosial media, Anda bisa mendengar langsung dari audience Anda – baik kritik maupun saran. Dengan begitu, Anda juga bisa mengerti apa yang audience ingin dan butuhkan.

  • Sebagai Customer Service

Anda pasti tahu bahwa customer service adalah salah satu faktor yang menentukan keberhasilan sebuah bisnis. Jika bisnis Anda memiliki layanan customer service yang baik, customer akan merasa senang.

Dengan semakin berkembangnya sosial media, customer service juga memiliki tantangan baru. Sosial media memang memberikan platform baru bagi customer untuk menyampaikan keluhan mereka.

Tidak hanya itu, sosial media juga memungkinkan bisnis dan customer untuk berinteraksi langsung dengan cepat.

3. Meningkatkan Traffic Website

Mungkin saat kamu scroll sosial media, Anda pernah melihat tweet yang mempromosikan artikel di sebuah website? Atau mungkin di Instagram story Anda sering lihat fitur “swipe up” yang akan langsung mengirim Anda ke website mereka?

Ini adalah salah satu faktor yang membuat sosial media menjadi alat marketing yang baik. Anda bisa memanfaatkan sosial media untuk meningkatkan traffic website. Saat Anda membuat sosial media untuk bisnis, Anda pasti akan memasukkan URL website Anda ke profil dan postingan Anda.

Kalau ada artikel baru di blog, Anda bisa membagikannya ke audience Anda melalui social media. Setiap kali follower sosial media Anda klik link pada postingan, mereka akan langsung masuk ke website utama.

Tidak hanya traffic melalui sosial media, sebenarnya secara tidak langsung sosial media juga bisa membantu SEO loh. Anda bisa meningkatkan ranking hasil pencarian dengan menyertakan keyword yang sesuai di postingan sosial media.

Masukkan foto, infographics, blog post, dan case study yang berkaitan pada konten Anda. Tujuan melakukan ini adalah untuk menjangkau audience yang lebih besar dengan konten berkualitas yang bisa audience Anda bagikan di platform sosial media mereka sendiri.

4. Meningkatkan Conversion Rates

Dengan meningkatnya follower sosial media serta traffic website Anda, conversion rate tentunya juga akan terpengaruh. Sebelumnya, mungkin Anda yang belum tahu apa itu conversion rate.

Conversion rate adalah berapa persen dari pengunjung website yang melakukan transaksi. Nah, biasanya conversion rate akan meningkat setelah ada peningkatan jumlah follower di sosial media serta traffic website.

Kenapa? Karena social media bisa membantu Anda membangun kepercayaan customer. Dengan membangun hubungan yang lebih kuat dengan customer di sosial media, Anda bisa meningkatkan sales.

Jadi memang dengan adanya peningkatan brand awareness dan visibilitas, akan ada juga peningkatan conversion rate karena kemungkinan besar customer akan membeli dari bisnis Anda.

5. Meningkatkan Brand Loyalty

Sosial media bisa menjadi channel bagi Anda untuk meningkatkan brand loyalty secara gratis. Anda pasti tahu bahwa kebanyakan customer follow dan berinteraksi dengan brand yang mereka sukai. Kemungkinan besar mereka juga akan menjadi customer loyal brand Anda.

Menurut riset, 62% customer yang berinteraksi dengan brand di sosial media akan menjadi customer yang loyal. Kalau mereka sudah menjadi customer loyal, kemungkinan besar mereka akan lebih memilih brand Anda daripada competitor.

6. Mengurangi Biaya Marketing

Marketing tradisional tentunya membutuhkan banyak biaya, apalagi kalau Anda ingin menjalankan beberapa campaign.

Dengan sosial media, Anda bisa menghemat biaya marketing dengan potensi jangkauan yang besar. Kalau Anda menggunakan strategi sosial media yang tepat, Anda bisa menjangkau ribuan pelanggan tanpa mengeluarkan biaya sedikitpun.

Memang sosial media juga menyediakan iklan berbayar, tetapi biayanya tetap lebih hemat jika dibanding dengan biaya marketing tradisional. Anda bisa mencoba mulai dari campaign yang kecil-kecil dan menjalankan beberapa iklan sebelum menambahkan budget iklan sosial media.

Selain itu, Anda juga bisa dengan mudah mengatur budget sosial media ads sesuai dengan ROI (return- on-investment) yang sudah ditargetkan.

7. Melakukan Riset Audience

Salah satu goal yang  sering menjadi alasan kenapa sebuah brand melakukan sosial media marketing adalah untuk mengerti lebih dalam tentang kebutuhan dan kemauan customer.

Seperti yang sudah dibahas di poin-poin sebelumnya, dari sosial media Anda bisa mendapatkan saran dan kritik langsung dari customer. Selain itu, Anda bisa memanfaatkan sosial media sebagai alat riset.

Dengan memanfaatkan fitur insight yang ada pada sosial media, Anda bisa tahu behaviour customer. Tidak hanya itu, melalui tweet atau pesan dari customer Anda di social media, Anda juga jadi tahu apa yang sebenarnya mereka butuh dan inginkan.

Nah, data-data ini bisa Anda analisis untuk menentukan langkah bisnis Anda selanjutnya. Anda bisa melihat dari response dan komentar pada postingan Anda tentang jenis produk dan customer service seperti apa yang mereka harapkan dari bisnis Anda.

Tidak hanya itu, dengan fitur insights setiap sosial media, Anda juga bisa tahu postingan seperti apa yang disukai dan mendapat engagement tinggi dari customer. Dengan begitu, Anda bisa menyusun konten sosial media Anda berdasarkan data yang didapatkan.

dapatkan konsultasi
gratis sekarang juga!

Jika Anda tidak memulai dari sekarang, maka bisnis Anda akan jauh tertinggal dari kompetitor, dan akan semakin sulit untuk membangun brand ditengah ramainya iklan dan branding dari bisnis yang lain.