TalkingDesi – Jika Anda merasa sulit menjual produk atau jasa Anda, bisa jadi 4 faktor berikut yang menjadi penyebabnya. Simak ulasannya :

 

  1. Anda tidak melakukan Market Research yang tepat

Walau Anda sudah yakin akan ide produk atau service yang dimiliki, sebelum launching seharusnya Anda meluangkan waktu untuk melakukan market research yang mendalam.

Gunanya adalah untuk mengukur sejauh mana produk tersebut akan dapat diterima oleh konsumen, bagaimana caranya, dan bagaimana kompetitor Anda melakukannya.

Jika Anda tidak melakukan riset terlebih dahulu, maka bisa dipastikan bisnis Anda akan mengalami kesulitan untuk berkembang. Lebih baik melakukan persiapan matang daripada harus gagal ditengah jalan, bukan?

 

  1. Konsumen tidak mengetahui Produk Anda

Disinilah peranan marketing terlihat jelas dalam upaya meningkatkan brand produk Anda.

Marketing juga membantu para tenaga penjual (sales team) untuk memperkenalkan produk Anda kepada calon konsumen.

Untuk itu, strategi marketing yang tidak tepat dan kegiatan marketing yang tidak efektif, akan menghambat upaya penjualan produk karena konsumen tidak mengenal produk Anda.

 

  1. Konsumen tidak mengerti keunggulan produk Anda

Dalam hal ini, lagi-lagi fungsi marketing masih menjadi penanggungjawabnya. Membangun kesadaran (awareness) akan manfaat dan keunggulan produk Anda adalah cara yang dibutuhkan.

Walau produk Anda di claim sebagai produk baru yang inovatif, Anda tetap harus waspada akan calon pesaing maupun produk existing yang mampu menjadi barang pengganti (subtitute).

Oleh karena itu, fungsi marketing perlu di optimalkan untuk memberikan message kepada calon konsumen akan pentingnya produk yang Anda jual bagi mereka, dan mengapa mereka harus membelinya dari Anda bukan dari orang lain.

 

  1. Produk Anda tidak sesuai kebutuhan konsumen

Yang terakhir, jika Anda merasa sudah memaksimalkan kegiatan marketing namun penjualan belum juga meningkat, maka Anda harus menganalisa tentang kualitas produk itu sendiri.

Tidak dapat dipungkiri, walau konsumen suka dengan diskon dan program marketing yang menarik lainnya, pada akhirnya kualitas produk tetap menjadi tujuan utama konsumen dalam membeli.

Untuk itu, Anda bisa melakukan produk research bersamaan dengan customer research untuk mendapatkan data akurat mengapa pelanggan mau memakai produk Anda, atau mengapa konsumen tidak mau membeli produk tersebut.

Cari tau apakah produk Anda sesuai dengan kebutuhan mereka, apakah dapat dipergunakan dengan mudah dan benar, atau apakah ada cara lain untuk meningkatkan performance produk Anda?

Dengan menerapkan ke empat strategi di atas, maka besar kemungkinan produk Anda akan mudah diterima konsumen dan akhirnya dapat meningkatkan pendapatan usaha Anda.

 

  1. Anda tidak menggunakan strategi Digital Marketing

Di era serba digital seperti saat ini, perilaku konsumen, pola pikir serta kebiasaan mereka dalam membeli produk atau jasa pun sudah berubah.

Mereka banyak terpengaruh oleh digital marketing seperti Website, social media, forum, review, maupun youtube.

Sebelum memutuskan untuk membeli produk atau menggunakan jasa tertentu, mereka cenderung mengumpulkan informasi mengenai produk, keunggulannya, ulasan para pemakainya, cara pemakaian dan harganya dari media digital tersebut.

Untuk itu, jika Anda tidak mengadopsi strategi digital marketing, maka calon konsumen tidak dapat menemukan bisnis Anda jika mereka mencari melalui digital media.

 

Konsultan Digital Marketing Indonesia

 

Talkingdesi.com adalah konsultan digital marketing Indonesia yang dapat membantu Anda membuat Strategi Marketing, Analisa Marketing, Creative Design, Video Marketing dan tentunya Digital Marketing.

TalkingDesi bekerjasama dengan INBA (International New Business Advisory) di Australia untuk membantu Anda melakukan pengembangan bisnis secara global.


Tags : Konsultan, consultant, digital, marketing, branding, strategi, seo, website, social media, bisnis, business, entrepreneur, sosial media, strategy, Indonesia, Jakarta, Australia, design, creative