TalkingDesi – Whatsapp bukan hanya sarana dalam berkomunikasi, namun kini juga dijadikan wadah promosi dan penjualan. Berikut adalah 8 tips marketing yang benar untuk promosi melalui whatsapp.

 

1. Target Market

Jika Anda memiliki ribuan database nomor whatsapp, jangan senang dulu. Penting untuk mengetahui target Anda, sehingga promosi yang dilakukan akan tepat guna dan menghasilkan keuntungan maksimal.

 

2. Foto Profil

Bila Anda menjual jasa, contohnya pengacara, maka foto profile Anda hendaknya menampilkan sisi kepribadian Anda yang cerdas dan profesional.

Begitu pula jika Anda menjual produk, maka pasang dan ganti secara rutin profile picture Anda dengan foto produk yang ditawarkan.

3. Kualitas Foto

Baik untuk keperluan foto profile maupun untuk dibagikan (share) secara pribadi dan melalui group, Anda harus memastikan kualitas foto yang terbaik.

Selain resolusi tinggi, foto yang baik juga harus bisa merepresentasikan bisnis Anda dengan tepat. Pencahayaan yang bagus, penataan letak, maupun pemilihan tema, dapat mempengaruhi keputusan konsumen.

 

4. Buat Group

Dengan membuat group, Anda dapat memastikan segmen target konsumen dengan lebih mudah.

Selain itu, group juga memudahkan Anda untuk membagikan konten marketing dengan lebih cepat tanpa harus broadcast maupun mengirim satu per satu.

 

5. Konten

Menjual barang atau jasa butuh proses untuk meyakinkan calon konsumen. Jangan terburu-buru dan pergunakan waktu Anda untuk membuat konten yang berkualitas.

Konten untuk di bagikan melalui whatsapp harus bervariasi jangan hanya sekedar berjualan (hard selling)

Bangun kesadaran (awareness) akan pentingnya produk atau jasa yang Anda tawarkan. Kemudian tunjukkan keunggulan maupun fitur andalannya. Baru Anda dapat mengirimkan konten bernada promosi.

 

6. Tepat Waktu

Melakukan broadcast, mengganti foto profil, maupun mengirimkan konten marketing secara individu maupun di dalam group, harus memperhatikan waktu yang tepat.

Pelajari dan pahami kapan saja waktu yang tepat agar calon konsumen dapat membaca konten Anda serta tidak merasa terganggu.

Biasanya, jam istirahat makan siang dan sore hari selepas jam kerja adalah waktu yang terbaik untuk berinteraksi. Namun ingat juga untuk menjaga kenyamanan calon konsumen ketika berinteraksi.

 

7. Respon

Ketika calon konsumen bertanya-tanya seputar produk atau service yang ditawarkan, Anda harus memberikan respon yang baik dan cepat.

 

8. Quantity

Jangan terlalu sering broadcast walau pada waktu yang tepat. Beri jeda agar mereka tidak merasa seperti di teror.

Idealnya broadcast hanya satu kali dalam seminggu, dan 3-4 kali dalam seminggu untuk pesan di dalam group.

 

Konsultan Digital Marketing

 

Talkingdesi.com adalah konsultan digital marketing indonesia yang dapat membantu Anda membuat Strategi Marketing, Analisa Marketing, Creative Design, Video Marketing dan tentunya Digital Marketing.

TalkingDesi bekerjasama dengan INBA (International New Business Advisory) di Australia untuk membantu Anda melakukan pengembangan bisnis secara global.


Tags : Konsultan, consultant, digital, marketing, branding, strategi, seo, website, social media, bisnis, business, entrepreneur, sosial media, strategy, Indonesia, Jakarta, Australia, design, creative